LEARNING
♦ Processing symbols ♦
Menunjukkan jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur
Symbol Process (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer)
Symbol Manual Operation (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukanoleh komputer)
Symbol Decision (Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi)
Symbol Predefined Process (Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage)
Symbol Terminal (Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program)
-
Symbol Off-line Storage (Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan)
-
Symbol Manual Input (Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard)
Symbol Keying Operation (Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard)
♦ Input-output symbols ♦
menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.
Symbol input-output (Symbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya)
Symbol magnetic-tape unit (Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic)
-Symbol punched card (Symbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu)-
Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)
Symbol display (Symbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer, dan sebagainya)
Symbol dokumen (symbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas).
A. Penjelasan UML
Apa itu UML? Yang dimaksud dengan UML adalah UML merupakan singkatan dari “Unified Modelling Language”
yaitu suatu metode permodelan secara visual untuk sarana perancangan
sistem berorientasi objek, atau definisi UML yaitu sebagai suatu bahasa
yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan dan juga
pendokumentasian sistem software. Saat ini UML sudah menjadi bahasa
standar dalam penulisan blue print software.
B. Tujuan atau fungsi dari penggunaan UML
Inilah beberapa tujuan atau fungsi dari penggunaan UML, yang diantaranaya:
- Dapat memberikan bahasa permodelan visual kepada pengguna dari berbagai macam pemerograman maupun proses rekayasa.
- Dapat menyatukan praktek-praktek terbaik yang ada dalam permodelan.
- Dapat memberikan model yang siap untuk digunakan, merupakan bahasa permodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan sistem dan untuk saling menukar model secara mudah.
- Dapat berguna sebagai blue print, sebab sangat lengkap dan detail dalam perancangannya yang nantinya akan diketahui informasi yang detail mengenai koding suatu program.
- Dapat memodelkan sistem yang berkonsep berorientasi objek, jadi tidak hanya digunakan untuk memodelkan perangkat lunak (software) saja.
- Dapat menciptakan suatu bahasa permodelan yang nantinya dapat dipergunakan oleh manusia maupun oleh mesin.
C. Jenis-Jenis diagram UML dan beberapa contoh diagramnya
a. Use case diagram
Use case diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor,
use case diagram juga dapat men-deskripsikan tipe interaksi antara si
pemakai sistem dengan sistemnya.
b. Activity Diagram
Activity diagram atau diagram aktivitas
yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan
proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.
c. Sequence diagram
Sequence diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan
urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau
tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti
pada use case diagram.
Baca artikel lainnya: Pengertian sistem operasi komputer dan jenisnya.
D. Class diagram
Class diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas
maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan
digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai
sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.
E. Statemachine diagram
Statemachine diagram yaitu salah satu
jenis diagram pada UML yang menggambarkan transisi maupun perubahan
keadaan suatu objek pada sistem.
F. Communication diagram
Communication diagram yaitu salah satu
jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya
suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara
objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan
tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan
masing-masing objek pada sistem.
G. Deployment diagram
Deployment diagram yaitu salah satu
diagram pada UML yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik,
dapat juga dikatakan untuk menampilkan bagian-bagian softwere yang
terdapat pada hardwere dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan
hubungan antara komponen hardwere. Jadi Deployment diagram intinya untuk
menunjukan letak softwere pada hardwere yang digunakan sistem.
H. Component diagram
Component diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang menggambarkan softwere pada suatu sistem.
Component diagram merupakan penerapan softwere dari satu ataupun lebih
class, dan biasanya berupa file data atau .exe, source kode, table,
dokumen dsb.
I. Object diagram
Object diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan objek-objek pada suatu sistem dan hubungan antarnya.
J. Composite structure diagram
Composite structure diagram yaitu salah
satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan struktur internal dari
penklasifikasian (class, component atau use case) dan termasuk
titik-titik interaksi penklasifikasian kebagian lainnya dari suatu
sistem. Ini hampir mirip seperti class diagram akan tetapi composite
structure diagram menggambarkan bagian-bagian dari individu kelas saja
bukan semua kelas.
K. Interaction Overview Diagram
Interaction Overview diagram yaitu salah
satu jenis diagram pada UML yang berguna untuk men-visualisasikan
kerjasama dan hubungan antara activity diagram dengan sequence diagram.
L. Package diagram
Package diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML digunakan untuk mengelompokan kelas dan juga menunjukan
bagaimana elemen model akan disusun serta mengambarkan ketergantungan
antara paket-paket.
M. Diagram Timing
Diagram timing yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang disebut sebagai bentuk lain dari interaksi
diagram, dimana fokus yang paling utamanya kepada waktu. Diagram
timing berguna untuk menunjukan faktor-faktor yang membatasi waktu
antara perubahan state terhadap objek yang berbeda.
Komentar
Posting Komentar